Wonosari 26/7. Mahasiswa kuliah kerja nyata se-Kecamatan Wonosari yang tergabung dalam panitia kecil yang diketuai oleh Sapere Aude Menulung mengadakan sosialisasi pembentukan Pusat Pelayanan Informasi desa atau yang disingkat PPID. Acara tersebut berlangsung pada hari Rabu, 26 Juli 2017 di kantor Kecamatan Wonosari dan dihadiri oleh 12 kepala desa se-Kcamatan Wonosari atau yang mewakilinya serta Bapak Camat Wonosari, Tjagar Alam, S.sos yang juga turut hadir dalam acara tersebut. “Nah makannya sekarang kita membangun kesamaan visi dan persepsi kita tentang bagaimana mempersiapkan sistem pusat pelayanan informasi desa yang akan diwakili desa-desa” dalam sambutan yang diberikan oleh Bapak Tjagar Alam yang sekaligus membuka acara pada pagi hari itu.

Acara berlangsung mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB ini dipaparkan oleh Sapere Aude Menulung, mahasiswa KKN di desa pelalangan sebagai pemateri sosialisasi sekaligus menjadi ketua panitia dalam acara ini. Para tamu undangan yang terdiri dari 12 kepala desa juga didamping oleh mahasiswa KKN koordinator desa (Kordes) duduk bersama dalam forum ini sehingga suasana semakin hangat dan diharapkan bisa kooperatif dan bersinergi bersama-sama dalam mewujudkan program unggulan KKN UMD periode ini yaitu SAID (sistem administrasi dan informasi desa) yang muaranya adalah pembentukan PPID ini.

Setelah acara selesai, Sapere menutup Sosialisasi PPID dengan mengatakan bahwa “PPID ini nantinya akan menjadi organ dalam desa yang bertugas untuk menjembatani antara warga desa – Pemerintah Desa – Dunia. Pembentukan PPID ini menurut saya sangat inovatif, karena dengan adanya PPID dan SAID, maka akurasi data yang diterima Pemkab Bondowoso baik itu kependudukan, anggaran, ataupun informasi-informasi dalam desa meningkat. Dengan adanya PPID ini harapan kedepannya adalah sinkronisasi antara Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Pemerintah Desa dapat terjalin secara transparan dan akuntabel, sehingga desa dapat mandiri baik dalam hal manajemen desa ataupun publikasi potensi dan permasalahan desa.” Kemudian dari forum sosialisasi pembentukan PPID ini Camat Wonosari menghimbau kepada semua perwakilan desa yang hadir untuk segera melaksanakan musyawarah desa untuk membentuk PPID yang kemudian sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini maka akan diadakan pelatihan pengelolaan website bagi petugas PPID tiap desa, dan pelatihan Jurnalisme bagi warga secara serentak di semua desa se-Kecamatan Wonosari. (M. Zainul Helmi KKN Unej UMD20)