PELALANGAN 25/07. Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata Universitas Jember mulai melaksanakan Observasi Potensi Desa di Desa Pelalangan, setelah kehadiran mereka diterima oleh Pemerintah Kecamatan pada Selasa 11 Juli 2017. Observasi yang dilaksanakan mahasiswa KKN Universitas Jember bertujuan membantu masyarakat dan Pemerintah Desa Pelalangan untuk mencoba menggali potensi-potensi yang dimiliki. Observasi tersebut dilakukan di seluruh wilayah Desa Pelalangan yang terdiri dari empat dusun, yaitu dusun Kerajan, dusun Kauman, dusun Pelalangan Utara, dan dusun Pelalangan Selatan, pada minggu pertama penerjunan mahasiswa KKN di Desa Pelalangan.

Dari observasi yang dilakukan, Mahasiswa KKN menyebutkan bahwa mereka menemukan banyak potensi yang dimiliki Desa Pelalangan, selain dari bidang pertanian yang merupakan hasil utama dari masyarakat secara umum, ada banyak lagi potensi lainnya di bidang industri rumah tangga seperti kerupuk Ina, jamu tradisional Ibu Put, kue Ibu Eva, kripik sampoerna dan lain-lain. Dari penelusuran potensi desa tersebut ada yang cukup menarik perhatian, yaitu kerajinan anyaman bambu Bapak Khoris, dimana anyaman bambu Bapak Khoris ini memiliki suatu ciri khas dan berbeda dari anyaman lainnya yaitu Ramen.

Selain itu, dari observasi tersebut Mahasiswa KKN juga menyebutkan adanya permasalahan lingkungan yang ada di Desa Pelalangan yaitu karena mayoritas warga Desa Pelalangan yang memiliki hewan ternak sehingga menyebabkan banyaknya limbah atau kotoran ternak yang menggunung, hal ini juga disebabkan karena tidak tersedianya tempat pembuangan, jika tetap dibiarkan hal ini bisa menjadi permasalahan yang sangat serius karena dapat menimbulkan penyakit bagi masyarakat. Tidak hanya itu, permasalahan utama dari Desa Pelalangan ialah kurangnya air untuk pertanian sehingga banyak sawah warga yang memilih untuk tanaman yang tidak terlalu membutuhkan air misalanya jagung, cabe, dan tebu. Sedangkan untuk tanaman padi hanya sekali masa panen dikarenakan masalah kurangnya air tersebut.

Sapere Aude Menulung selaku koordinator lapangan observasi mengatakan “Desa Pelalangan ini saya kira pada awalnya hanya memiliki hasil pertanian sebagai potensi desa, tetapi setelah melakukan observasi secara menyeluruh ternyata Desa Pelalangan ini sangat kaya akan potensi yang dapat dikembangkan. Sekarang saya kagum dan semangat untuk mengembangkan potensi desa ini, jadi harapan saya kami disini dapat bersinergi dengan warga Desa Pelalangan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan Desa Pelalangan.” (Luna Ivanka D.E KKN Unej UMD20)