PEMERINTAH DESA


 

Struktur Pemerintah Desa Keadaan Tahun 2017

SEKRETARIS DESA

TUGAS-TUGAS:

  1. melaksanakan penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa;
  2. mengelola administrasi dan memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat Desa dalam hal:
  3. Perencanaan;
  4. Evaluasi dan Palaporan;
  5. Keuangan; dan
  6. Administrasi Umum.

FUNGSI:

  1. Perumusan perencanaan dan program di lingkungan pemerintah desa;
  2. pemberian pelayanan administratif kepada masyarakat, pemerintahan desa dan instansi pemerintah lainnya;
  3. penyusunan anggaran dan pengelolaan administrasi keuangan;
  4. pengelolaan urusan administrasi perangkat desa;
  5. pengelolaan perlengkapan, rumah tangga, dan aset desa; dan
  6. penyelenggaraan

 

URUSAN PERENCANAAN, EVALUASI DAN PELAPORAN

TUGAS-TUGAS :

  1. menghimpun dan menyusun rencana kegiatan dan anggaran pembangunan;
  2. mengumpulkan dan mengestimasi data untuk bahan penyusunan program;
  3. melaksanaan perumusan penyusunan program;
  4. menyusun:
  5. Laporan pelaksanaan program pembangunan desa;
  6. Laporan keuangan, yang meliputi:
  • Realisasi anggaran;
  • Neraca; dan
  • Catatan atas laporan keuangan.
  • Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, yang memuat paling sedikit:
  1. pertanggungjawaban penyelenggaraan Pemerintahan Desa;
  2. pertanggungjawaban pelaksanaan pembangunan;
  3. pelaksanaan pembinaan kemasyarakatan; dan
  4. pelaksanaan pemberdayaan masyarakat.
  5. mengelola penyajian, pendokumentasian data dasar dan data hasil pemerintahan dan pembangunan desa;
  6. melaksanakan monitoring/memantau, analisis, evaluasi serta pengendalian terhadap pelaksanaan program;
  7. melakukan evaluasi pelaporan;
  8. memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris Desa dalam bidang tugasnya;
  9. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Sekretaris Desa.

URUSAN KEUANGAN

TUGAS-TUGAS:

  1. Melakukan penatausahaan keuangan anggaran rutin dan anggaran pembangunan;
  2. Melaksanakan administrasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa);
  3. Melaksanakan administrasi pengeluaran atau biaya rutin dan biaya pembangunan Desa;
  4. Melaksanakan penyusunan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa);
  5. Melaksanakan perhitungan anggaran penerimaan dan belanja desa;
  6. Menyelesaikan administrasi pelaksanaan pembayaran tunjangan perangkat Desa dan pembayaran keuangan lainnya;
  7. Mengelola dan mendokumentasikan administrasi keuangan Desa;
  8. Mempersiapkan secara periodik program kerja di bidang keuangan;
  9. Memberikan saran dan pertimbangan kepada sekretaris Desa di bidang urusan keuangan;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Sekretaris Desa.

URUSAN UMUM

TUGAS-TUGAS:

  1. Menyelenggarakan pengelolaan tata usaha perangkat desa yang meliputi :
  2. Pengumpulan data perangkat desa;
  3. Penerapan persyaratan pengangkatan, perpindahan dan pemberhentian perangkat desa;
  4. Pengelolaan buku induk perangkat desa;
  5. Melakukan urusan surat menyurat;
  6. Menyimpan, memelihara dan mengamankan arsip dan dokumen penyelenggaraan Pemerintah Desa;
  7. Menyusun rencana kebutuhan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ketatausahaan, perlengkapan, pemeliharaan, kebersihan dan keamanan kantor;
  8. Menginvestarisasi, menyimpan, dan memelihara dan mengamankan aset Desa;
  9. Mengurus kesejahteraan perangkat desa antara lain meliputi kesehatan, tunjangan dan pemberian tanda jasa;
  10. Mengurus rumah tangga Desa, keprotokolan, hukum dan perjalanan dinas.
  11. Menyelenggarakan evaluasi dan pelaporan bidang pelaksanaan organisasi dan tata laksana serta administrasi perangkat desa;
  12. Memproses administasi peserta pendidikan dan pelatihan.
  13. Menghimpun, mengatur dan mensistemasikan data atau informasi perangkat desa;
  14. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris Desa dalam bidang tugasnya;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Sekretaris Desa.

 

KEPALA DUSUN

TUGAS- TUGAS:

  • Kepala Dusun mempunyai tugas menjalankan kegiatan di wilayah kerjanya.
  • Tugas menjalankan kegiatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
    1. memimpin penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kerjanya;
    2. mengajukan saran dan usul dalam proses penyusunan kebijakan yang akan ditetapkan oleh Kepala Desa dan BPD;
    3. menjaga kelestarian adat istiadat yang tumbuh dan berkembang di wilayah kerjanya;
    4. menumbuhkan dan mengembangkan semangat gotong-royong dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di wilayah kerjanya;
    5. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

FUNGSI:

  1. Pelaksana kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta ketentraman dan ketertiban di wilayah kerjanya;
  2. Pelaksana Peraturan Desa di wilayah kerjanya;
  3. Pelaksana kebijakan Kepala Desa.

SEKSI PEMERINTAHAN

TUGAS- TUGAS:

  1. melakukan urusan pemerintahan umum dan pemerintahan desa;
  2. membantu Kepala Desa dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, evaluasi dan teknis operasional;
  3. memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa dalam bidang tugasnya;
  4. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Desa;

Seksi Pemerintahan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Desa melalui Sekretaris Desa.

FUNGSI:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan, evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan umum dan pemerintahan desa;
  2. penyelenggaraan pemerintahan umum dan pemerintahan desa serta pelaksaaan koordinasi di lingkungan Pemerintah Desa;
  3. pembinaan dan pengadministrasian kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. fasilitasi kerjasama desa;
  5. fasilitasi teknis dan operasional persiapan dan pelaksanaan pemilihan kepala desa;
  6. penyusunan sistem keamanan, ketertiban dan ketenteraman masyarakat desa;
  7. fasilitasi pembentukan dan pembinaan Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW);
  8. pembinaan kesatuan bangsa dan politik;
  9. penganalisaan pembentukan, penggabungan, dan pemekaran dusun.

SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

TUGAS-TUGAS :

  1. Melakukan peningkatan sumber daya manusia;
  2. Melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur, pengembangan ekonomi masyarakat, kewirausahaan, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan darat, pariwisata, dan urusan pemberdayaan masyarakat desa lainnya;
  3. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa dalam bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

FUNGSI :

  1. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur, pengembangan ekonomi masyarakat, kewirausahaan, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan darat, pariwisata, dan urusan pemberdayaan masyarakat desa lainnya;
  2. Pembinaan ekonomi masyarakat, kewirausahaan, pariwisata, dan kerajinan desa, serta urusan pemberdayaan masyarakat desa lainnya;
  3. Pembinaan administrasi dan teknis operasional Badan Usaha Milik Desa;
  4. Melaksanakan sosialisasi dan pembinaan program pemerintah yang sasarannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan kelompok Perkreditan desa dengan kegiatan simpan-pinjam, dan kewirausahaan lainnya;
  5. Pembinaan pelestarian lingkungan hidup dan kebersihan;
  6. Pengawasan pelaksanaan proyek/kegiatan di wilayah Desa;
  7. Peningkatan dan pengembangan potensi/sumber daya alam dan sumber daya manusia;
  8. Fasilitasi pemasaran hasil produksi desa;
  9. Fasilitasi pembentukan dan pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Desa, kecuali Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW).

SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL /PELAYANAN

TUGAS-TUGAS :

  1. Melakukan koordinasi penyerahan dan pengendalian teknis dalam penyelenggaraan kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, pembinaan generasi muda olahraga dan kebudayaan;
  2. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa dalam bidang tugasnya;
  3. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Desa;

FUNGSI :

  1. Penyiapan bahan dan pelaksanaan pembinaan kesejahteraan sosial;
  2. Pelaksanaan koordinasi penyerahan dan pengendalian teknis dalam penyelenggaraan kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan pembinaan generasi muda, olah raga dan kebudayaan ;
  3. Pembinaan kerukunan umat beragama;
  4. Pengumpulan data dan pengawasan terhadap penyaluran bantuan kepada masyarakat akibat bencana alam, kemiskinan, dan penyaluran bantuan sosial lainnya;
  5. Pembinaan sosial dan budaya.

 

Kepala Desa Pelalangan
MUFID
Bondowoso, 12-01-1979

Sekretaris Desa
SAMSUDIN
Bondowoso, 02 -12- 1971

Kaur. Perencanaan
FAIZOL
Bondowoso, 12-09-1986

Kaur. Keuangan
SURYANTO
Bondowoso, 30-12-1983

Kaur. Tata Usaha dan Umum
JANNATI
Bondowoso, 10-04-1994

Kasi. Pelayanan dan KesSos
HUDA
Bondowoso, 05-05-1987

Kasi. Kesejahteraan Masy.
MUIS
Bondowoso, 09-07-1980

Kasi. Pemerintah
SIKKI
Bondowos, 15-01-1986

Kasun. Pelalangan Selatan
HADI RAHMAT HIDAYAT
Bondowoso, 12-05-1986

Kasun. Krajan
FATHOR RAZI
Bondowoso, 12-06-1992

Kasun. Kauman
FARID
Bondowoso, 05-05-1991

Kasun. Pelalangan Utara
MUZANNI
Bondowoso, 09-09-1979