Profil Desa Pelalangan

Pelalangan merupakan salah satu desa di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Desa ini memiliki kode bernomor 351109012

A. Visi

Visi Desa Pelalangan disusun berdasarkan diskusi dan kesepakatan dengan segenap warga Pelalangan atau tokoh-tokoh masyarakat sebagai representasi dari warga masyarakat Pelalangan. Visi Desa Pelalangan disusun berdasarkan tugas dan kewengan yang di emban dan didasarkan protensi, permasalahan maupun hambatan yang ada di desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan. Visi RKP Desa Pelalangan Tahun 2017 adalah:

“Terwujudnya Masyarakat yang Berbudi Luhur, Berpendidikan, Aman dan Makmur serta Sejahtera dalam kehidupan di segala bidang”

B. Misi

Misi Desa Pelalangan merupakan usaha dan landasan dasar untuk mencapai Visi Desa Pelalangan. Misi merupakan penjabaran lebih operasional dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Pelalangan.

Dalam meraih Visi Desa Pelalangan seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal. Maka disusunlah Misi Desa Pelalangan dengan penjabaran sebagai berikut :

  1. mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. menata Pemerintahan Desa Pelalangan yang kompak dan bertanggung jawab dalam mengemban amanat masyarakat, serta meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius.
  3. meningkatkan pembangunan infrastruktur desa yang tepat guna.
  4. menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah.
  5. mewujudkan Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan.
  6. meningkatkan Kesehatan Masyarakat.
  7. membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun informal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali yang mampu menghasilkan insan intelektual, inovatif dan enterpreneur (wirausahawan).

Tujuan dan Sasaran

Berdasarkan Misi di atas maka ditetapkan tujuan dan sasaran sebagai berikut:

  1. Misi Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan, dan menerapkan berperilaku santun kepada masyarakat dimulai dengan pendidikan sejak usia dini.
  2. Misi Menata Pemerintahan Desa Pelalangan yang kompak dan bertanggung jawab dalam mengemban amanat masyarakat, serta meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius, dengan tujuan Meningkatkan Penyelenggaraan Pelayanan Pemerintahan Desa yang akuntabel melalui :
    1. meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan memberdayakan kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi Pemerintah Desa sehingga terwujud penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel.
    2. meningkatkan dengan membudayakan musyawarah antar lembaga desa dan masyarakat sehingga dapat memeberikan peran penting dalam perencanaan pembangunan desa.
    3. terpenuhinya sarana prasarana pemerintahan Desa, sehingga penyelenggaraan pelayanan terhadap masyarakat dapat terlaksana dengan baik dan memuaskan.
  3. Misi Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, jalan usaha tani, pemupukan, dan polatanam yang baik. Untuk mewujudkan misi ini tidak lepas dari peran serta dari Pemerintah Kabupaten Melalui Dinas Pengairan dan Pertanian. Yaitu melalui :
    1. membangun Saluran Irigasi agar sistem pengairan untuk pertanian lancar.
    2. memperbaiki jalan pertanian sehingga dapat mendorong dan memperlancar kegiatan pertanian masyarakat.
    3. memberikan Pembinaan kepada Kelompok Tani agar dapat memberikan pembinaan kepada petani tentang Pola Tanam yang baik sehingga petani dapat memperoleh hasil produksi yang memuaskan.
  4. Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur yang tepat guna, dengan tujuan:
    1. Terpenuhinya kebutuhan infrastruktur Desa yang berkualitas dengan sasaran:
      1. terpenuhinya kebutuhan infrastruktur jalan dan lingkungan hidup
      2. terpenuhinya sarana dan prasarana penunjang pertanian, peternakan.
      3. meningkatnya pemanfaatan Sumber Daya Alam
    2. Terpenuhinya kebutuhan prasarana penunjang permukiman, dengan sasaran:
      1. terpenuhinya fasilitas penunjang kesehatan lingkungan dan permukiman
  5. Misi Menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah, dengan sasaran:
    1. memberikan bantuan peralatan, Pelatihan, dan bantuan modal untuk pelaku usaha menengah kebawah, seperti pemberdayaan pedagang asongan.
    2. meningkatkan kemampuan keterampilan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan ketermpilan masyarakat seperti pengrajin bambu, penjahit, pelaku usaha rumah tangga/ katring dan perbengkelan.
    3. meningkatkan kemampuan pemasaran usaha masyarakat melalui pemamfaatan teknologi informasi/ internet.
  6. Misi Mewujudkan Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan, dengan tujuan:
    1. Meningkatnya kesejahteraan dan ketentraman masyarakat, dengan sasaran:
      1. meningkatkan keamanan dan ketentraman masyarakat
      2. meningkatkan penanganan sosial
  7. Misi meningkatkan kesehatan masyarakat. Misi ini akan diwajibkan melalui :
    1. mengikut sertakan peran petugas kesehatan desa untuk membantu mewujudkan masyarakat sehat.
    2. dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh.
  8. Meningkatkan pendidikan dan kebudayaan, dengan sasaran:
    1. membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun informal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali yang mampu menghasilkan insan intelektual, inovatif dan enterpreneur (wirausahawan) melalui program Kesetaraan Pendidikan Masyarakat.
    2. memberikan akses internet dengan membangun rumah internet sehingga memberikan kemudahan terhadap masyarakat untuk memperoleh informasi.
    3. meningkatkan pembinaan budaya dan olahraga.

Dari sasaran tersebut di atas diharapkan dapat memberikan dampak yang baik kepada masyarakat sehingga dapat menjadi masyarakat yang mampu bersaing dan berdaya.