Wilayah

Pembagian Wilayah

Pada awalnya Desa Pelalangan adalah dusun dari Desa Bendoarum Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Karena adanya semangat perubahan dari semua warga Dusun Pelalangan maka dusun ini pada tahun 2002 dimekarkan menjadi Desa Persiapan Pelalangan. Kemudian pada tahun 2010 Desa Pelalangan menjadi Desa Definitif.  

Pembagian Wilayah Desa

  1. Luas Wilayah
    Luas wilayah Desa Pelalangan adalah 465,592 Hektar dengan 61% adalah  Tanah Sawah sedangkan sisanya adalah terdiri tanah tegal dan fasilitas umum.
  2. Letak
    Letak Desa Pelalangan dengan Koordinat Bujur 113.914573 dan Koordinat Lintangnya -7.915684 dengan ketinggian dari permukaan laut 370 DPL, dan perbatasan Desa Pelalangan ialah sebelah utara Desa Pasarejo, sebelah Timur Desa Bendoarum, sebelah selatan Desa Kerang Kecamatan Sukosari dan sebelah barat adalah Desa Tumpeng.
  3. Batas-Batas Desa
    Sebelah Utara            : Desa Pasarejo                              Sebelah Selatan : Desa Kerang Kecamatan Suosari

Sebelah Barat            : Desa Tumpeng                                 Sebelah Timur    : Desa Bendoarum

4. Dusun

Dari total luas tersebut Desa Pelalangan dibagi menjadi 4 (Empat) Dusun, yaitu : Dusun Pelalangan Selatan, Dusun Krajan, Dusun Kauman, dan Dusun Pelalangan Utara.

5. Jumlah RW dan RW
Dari pembagian wilayah Dusun dibagi lagi menjadi skala kecil untuk keterjangkauan dalam pelayanan kebutuhan masyarakat, maka dari empat dusun tersebut terdapat 6 (Enam) Rukun Warga (RW) dan 20 (dua puluh) RT.